Merdeka di tengah pandemi

Tahun 2019, menjadi awal tahun yang berat bagi seluruh rakyat Indonesia. Bahkan bukan hanya Indonesia, tetapi seluruh warga di dunia. Bahkan hingga sekarang. Kali kedua, peringatan hari kemerdekaan ditengah pandemi. 

Hari ini, 17 Agustus 2021, Indonesia sudah merdeka selama 76 tahun. Jika ibarat manusia, usia ini bukanlah usia yang muda. Apakah Indonesia benar-benar sudah merdeka? 

Duka. Kata yang menggambarkan pandemi kali ini. Duka karena kehilangan orang-orang yang disayang, duka karena kehilangan pekerjaan, duka karena berkurangnya penghasilan. Mungkin, beberapa orang masih banyak yang beruntung. 

Merdeka bukankah berarti ada rasa aman, tenang dan sejahtera? Selama pandemi ini, apakah rakyat Indonesia sudah merasakannya? Atau sebelum pandemi?

Sesuatu yang sangat disayangkan pada pandemi adalah mahalnya harga tes PCR. Dimana, setiap pasien yang akan masuk rumah sakit diwajibkan untuk tes PCR, bahkan seorang ibu yang harus segera ditangani karena akan melahirkan, atau ada kecelakaan yang harus segera ditanganipun harus menunggu hasil PCR. Ya, itu semua dilakukan untuk keselamatan bersama. Barulah, setelah sekian lama, Presiden meminta harga PCR diturunkan.

Sebelumnya, untuk mengatasi penyebaran virus covid-19, pemerintah menyelenggarakan PSBB lalu sekarang PPKM. Ya benar, ini sangat diperlukan karena kapasitas di rumah sakit sudah penuh. Namun, untuk beberapa orang berarti mengencangkan ikat pinggang. Entah, apakah ada bantuan dari pemerintah atau tidak. Mungkin sekarang sudah ada. Tapi, bantuan itu tidak ada saat pemerintah mengumumkan PPKM. Bahkan bantuanpun di korupsi saat pemerintah melaksanakan PSBB. Kini, menteri yang terlibat bahkan memohon dibebaskan, padahal seharusnya menerima hukuman mati.

Ditambah lagi, lumpuhnya KPK, dimana sebagian anggota KPK diberhentikan dikarenakan alasan yang seperti dibuat-buat. Beginilah kejadian-kejadian di Indonesia di masa pandemi. 

Bagaimanapun, kemerdekaan diperoleh dari perjuangan dan tetes darah bangsa Indonesia dan pahlawan terdahulu. Sebagai rakyat Indonesia, terus berharap Indonesia dapat menjadi negara yang maju dan tetap merdeka dari segala macam jajahan. Semoga tahun depan Indonesia bisa merayakan kemerdekaan tanpa pandemi.


Komentar

Postingan Populer