Memulai membuat sebuah tulisan

Beberapa bulan yang lalu, saya belum mengenal Komunitas One Day One Post. Apalagi terlintas untuk menulis blog. Hingga suatu hari, saya melihat ada lomba cerpen. Lomba itu memberi saya motivasi untuk memulai menulis. Tetapi, saya merasa kemampuan menulis saya masih kurang. Dan, kemudian saya melihat ada kesempatan bergabung dengan komunitas One Day One Post. Awalnya agak ragu untuk ikut, karena peserta harus menulis setiap hari. Tetapi, hal itulah yang dibutuhkan supaya bisa meningkatkan kemampuan menulis. Jadi, saya mencoba daftar. Alhamdulillah lulus seleksi.

Sebenarnya dahulu, saya menyukai menggambar manga. Namun, karena kesibukan, kesulitan untuk menggambar digital, dan kurangnya motivasi akhirnya hobi itu terabaikan. Sehingga, saya beralih untuk menulis saja.

Saya pikir menulis tidak sesulit menggambar manga. Ternyata, menulispun tidak mudah. Ķarena untuk menulis ratusan kata perlu memeras otak, hingga otak terasa panas. Untuk saat ini, pencapaian menulis baru sampai ratusan kata. Saat melihat novel-novel yang tebal membuatku berpikir, "Wah, penulis novel itu pintar sekali ya.. kok bisa ya mereka membuat cerita yang menarik hingga setebal itu".

Walaupun menulis tidak mudah, tetapi perasaan saat bisa menyelesaikan sebuah tulisan itu sangat menyenangkan. Selain itu, alasan saya menulis adalah melatih otak untuk berpikir dan menyampaikan gagasan yang ada dipikiran kita melalui tulisan. Juga, dengan menulis bisa memberikan efek positif pada diri sendiri, seperti mengubah mood, atau bisa melakukan hal produktif daripada melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Dengan menulis, kitapun menjadi termotivasi untuk belajar dan banyak membaca, supaya bisa menangkap ide-ide untuk jadi bahan tulisan.

Alhamdulillah, saya bisa merasakan manfaat dari menulis ini sejak bergabung dengan komunitas One Day One Post. Seperti nama komunitasnya, setiap anggota diberi tantangan untuk menulis satu tulisan dalam satu hari. Alhamdulillah, sekarang sudah hari ke-4 saya menjalani tantangan ini. Semoga bisa tetap istiqomah menulis setiap hari hingga 40 hari ke depan. Karena, salah satu syarat kelulusan dari ODOP ke-9 ini adalah one day one post selama 40 hari. Semangat untuk semua peserta ODOP ke-9, semoga kita bisa lulus. Aamiin!

Harapan saya di masa depan, adalah semoga saya bisa tetap istiqomah dalam menulis. Memberikan tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk orang lain, terutama diri saya sendiri. Dan semoga, kemampuan untuk menulis bisa meningkat tidak hanya ratusan kata. Aamiin.

Mungkin sampai disini dulu ceritanya. Cerita yang disponsori tugas tantangan pekan ke-1. Tetapi, sebelum itu mari kita simak kata-kata motivasi untuk menulis dari para penulis, berikut ini :

"Mulailah dengan menulis hal-hal yang kamu ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri". (J.K. Rowling)

"Jika ditanya, 'Bagaimana kamu menulis?' Saya akan menjawab, 'satu demi satu kata'." (Stephen King)

"Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah". (Armin Martajasa)

"Menulis merangsang pemikiran, jadi jika kamu tidak bisa memikirkan sesuatu untuk ditulis, tetaplah mencoba untuk menulis". (Barbara)

"Syarat untuk menulis ada tiga, yaitu menulis, menulis, dan menulis". (Kuntowijoyo)

Wallahua'lam bishawab.

#onedayonepost9 #day4 #tantanganpekan1

Komentar

Postingan Populer