Kenapa kurma disebut dalam Al-Qur'an ?

Makanan dan minuman yang baik dalam Al-Qur'an
Sumber foto: detikNews
               
Allah SWT telah menciptakan bermacam-macam tumbuhan dan hewan untuk manusia. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 168-169, Allah SWT memberi petunjuk untuk memakan makanan yang halal dan baik yang ada di bumi, sebagai berikut : 

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di Bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu."

Di dalam Al-Qur'an, ada makanan dan minuman yang diharamkan, dan ada pula makanan yang dianjurkan untuk dimakan dalam Al-Qur'an. Kurma adalah makanan yang sering disebut dalam Al-Quran. 

Kenapa kurma disebut dalam Al-Qur'an ?


Kenapa kurma disebut dalam Al-Qur'an
Kurma
 Sumber foto : Juara.net

Kurma adalah buah yang manis dan biasa tumbuh di negara Arab. Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar.

Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya kaya nutrisi menguntungkan. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. 

Kurma tercantum dalam beberapa surah Al-quran, yaitu : 


Q.S. An Nahl ayat 67:

“Dan dari buah pohon kurma dan anggur, Anda menginginkan minuman keras dan bekal yang baik.” (Q.S. An Nahl [16]:67)

Q.S. Al An’am ayat 99:

"...  Dan dari pohon kurma dan serentetannya datang kumpulan kurma tergantung rendah dan dekat, dan kebun buah anggur, buah zaitun dan buah delima masing-masing serupa (dalam bentuknya) namun berbeda (dalam variasi dan rasa). Lihatlah buahnya saat mereka mulai menanggung, dan kematangannya."

Surah Abasa : 29

وَّزَيْتُوْنًا وَّنَخْلًا 
"dan zaitun dan pohon kurma,"

Surah An-Nahl ayat 11 

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar ada tanda (Kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan


Banyaknya ayat yang menuliskan tentang kurma, karena banyak sekali manfaat dari buah ini bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma bagi kesehatan :

Sumber serat makanan

Sekitar 6,4% hingga 11,5% kandungan kurma terdiri dari serat, terutama jenis yang tidak larut. Makanan yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan.

Di sisi lain, kandungan fenolik tinggi dalam buah ini membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko Anda terkena kanker usus.

Buah kurma juga dapat menjadi pilihan alami dalam memelihara mukosa lambung ketika Anda menjalankan ibadah puasa. Karena, kurma memiliki sifat antiradang dan protektif, sehingga menjaga lambung tetap sehat selama Ramadhan.

Mencegah risiko diabetes

Kandungan serat dalam buah nabi ini akan membantu Anda mengurangi risiko diabetes. Dimana, serat tak larut dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2011 pun menunjukkan bahwa buah ini mempunyai indeks glikemik rendah. Buah asal Arab ini tidak langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ini mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Semua zat gizi ini telah dipelajari untuk potensinya dalam mencegah osteoporosis.

Mencegah Anemia

Buah nabi ini mengandung zat besi yang tinggi, sehingga baik dijadikan sebagai sumber makanan untuk mencegah anemia.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kurma mengandung Magnesium dan kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat yang lebih sehat.

Kandungan serat dalam buah nabi ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah ini juga ternyata mengandung antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat antiradangnya. Asam fenolik dipercaya dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Para ahli merekomendasikan untuk makan buah ini setidaknya dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

Menangkal radikal bebas

Buah ini mengandung tinggi antioksidan yang mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja melindungi sel dan jaringan tubuh dari stres dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.


MasyaAllah, ternyata buah kurma banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah kurma juga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Buah ini memang tidak tumbuh di Indonesia, namun bisa ditemukan di toko-toko yang khusus menjual kurma atau dijual secara online. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari buah yang banyak disebut dalam Al-quran ini.

Komentar

Postingan Populer